Mau Membuat Rumah Minimalis Ini Perkiraan Biayanya

Memiliki sebuah rumah yang nyaman dan aman memang impian semua orang. Tak masalah apakah Anda harus membuat rumah sendiri ataupun membeli rumah yang sudah jadi. Saat Anda menentukan yang mana Anda pilih untuk memiliki sebuah rumah, ada kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pertimbangkan.

Misalnya saja untuk membangun rumah sendiri. Anda harus menyewa pemborong dan lainnya. Sedangkan membeli, Anda hanya mendapat rumah apa adanya dan belum tentu sesuai dengan keinginan. Oleh sebab itu, membuat sendiri lebih baik. Salah satu model rumah yang bisa Anda pilih adalah model minimalis. Berapa perkiraan biaya untuk membangunnya?

Biaya Pembangunan Rumah Minimalis Secara Umum

Secara umum, biaya pembangunan sebuah rumah itu dihitung per meter persegi. Sebelum Anda mengetahui berapa perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan untuk membangun sebuah rumah minimalis, lakukanlah rincian item pekerjaan sebelumnya. Item tersebut terdiri atas berbagai persiapan seperti pembersihan lahan, pendatangan material dan lainnya.

Lalu, bagian pondasi. Pondasi ini terdiri atas galian tanah, pemasangan pondasi batu kali dan urugan tanah kembali. Item lainnya adalah struktur beton bertulang seperti sloof, kolom dan balok. Perhatikan juga untuk bagian dinding. Bagian ini meliputi pasangan dinding batu bata dan plesteran serta acian. Bagian atap juga harus diperhatikan.

Bagian ini terdiri atas rangka atau finishing penutup atap rumah. Pekerjaan plafon rumah, lantai rumah dan instalasi listrik dan air juga harus Anda masukkan dalam perhitungan ini. Terakhir, bagian pengecatan dan perapian. Semuanya item pekerjaan ini memiliki nilai yang berbeda-beda.

Misalnya untuk batu kali, harga satu meter kubiknya dihargai Rp400.000,-. Paling tidak Anda membutuhkan 10 meter kubik untuk membuat pondasi. Tinggal kalikan saja, Rp400.000,- kali 10 adalah Rp4.000.000,-. Ini hanya untuk bagian pondasi saja. Paling tidak, untuk membuat rumah dengan ukuran 100 meter persegi, Anda butuh dana sekitar Rp300.000.000,-.

Hitungan Kasar Biaya Bangun Rumah Minimalis Lantai 2

Jika hitungan di atas adalah hitungan untuk rumah minimalis lantai satu, mungkin sebaiknya Anda juga mengetahui detail biaya pembangunan rumah minimalis dengan dua lantai. Adapun perkiraan anggaran biaya yang harus dikeluarkan untuk rumah minimalis dengan dua lantai ini paling sedikit 165 juta rupiah.

Namun, bila Anda membangun rumah dua lantai dengan tipe yang lebih besar, misalnya saja tipe 60, maka biaya yang harus dikeluarkan paling tidak 400 jutaan. Untuk menghitung biaya pembangunan rumah, sebenarnya sama saja dengan rumah minimalis lantai satu. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghitung pekerjaan per item.

Item-itemnya bisa Anda lihat di atas. Lalu, Anda bisa menghitung anggaran keseluruhan ditambah biaya tukang yang mengerjakan pembangunan. Saat ini, biaya tukang sekitar Rp100.000,- per hari sedangkan untuk kenek sekitar Rp70.000,- per hari. Tambahkan juga biaya bila Anda ingin membuat hiasan tertentu pada model rumah Anda.

Misalnya saja dengan pembangunan taman dan lainnya. Lumayan besar, kan? Ini belum termasuk properti yang akan Anda isikan ke dalam rumah. Paling tidak, bila ingin membangun rumah dua lantai dengan ukuran 60 meter persegi, 400 juta rupiah harus ada di kantong Anda.

Memang, biaya membuat rumah sekarang ini semakin besar. Selain harga bahan yang makin tinggi, upah tukang juga semakin tinggi. Namun, bukan berarti Anda tak bisa memiliki rumah sendiri. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli rumah sudah jadi seperti di perumahan. Ini lebih murah dan Anda juga bisa mencicilnya.