Mudah Mendesain Dapur Minimalis Untuk Apartemen Kecil Anda

Dapur minimalis yang didesain untuk rumah pastinya bukanlah sesuatu yang sulit untuk diwujudkan. Cerita akan menjadi lain apabila hal tersebut ingin diaplikasikan pada apartemen kecil. Hal ini biasanya telah menjadi impian bagi mereka yang selama ini tinggal di apartemen dan ingin memiliki ukuran dapur yang sesuai. Tenang saja, berikut ini ada tips untuk mendesainnya.

  1. Gunakanlah Furnitur Multifungsi

Problema pertama sekaligus yang paling utama dari memiliki apartemen kecil adalah ukuran ruangan yang tidak terlalu luas. Kondisi inilah yang kemudian membuat banyak orang yang tinggal di apartemen bingung untuk melakukan kreasi dalam ruangannya. Sebenarnya tidak perlu pusing, menggunakan furnitur multifungsi bisa dijadikan solusi terbaiknya.

Hal yang sama juga berlaku ketika Anda ingin membangun dapur impian di dalam apartemen. Manfaatkan furnitur multifungsi ini untuk mensiasati ruangan yang terbatas. Furnitur multifungsi ini bisa berupa kitchen sink yang bisa dijadikan meja untuk menyiapkan bahan memasak. Namun meja tersebut kemudian bisa dibuka sebagai tempat untuk cuci piring.

Asal tahu saja, model furnitur multifungsi ini sudah mulai menjadi tren akhir-akhir ini. Terutama untuk mereka yang hidup di kota besar dan sulit sekali mendapatkan ruangan lebih untuk berkreasi. Meski begitu, Anda harus hati-hati dalam penggunaannya karena model yang satu ini terkenal cepat lecet apabila tidak tepat penggunaannya.

  1. Gunakanlah Konsep Dapur Island

Pernahkah Anda mendengar konsep dapur island? Sederhananya, konsep ini menggabungkan antara dapur dengan meja makan untuk berada dalam satu ruangan yang sama. Konsep ini seringkali digunakan di banyak restoran tepi pantai. Hal tersebutlah yang kemudian menginspirasi nama dari konsep dari dapur yang satu ini.

Dengan menyatukan antara dapur dengan meja makan tentunya akan sangat menghemat ruangan Anda. Terutama bagi Anda yang tinggal di apartemen kecil dan memiliki keterbatasan ruangan. Keuntungan lainnya dari konsep dapur seperti ini maka Anda bisa menghemat pengeluaran untuk membeli meja atau kursi yang seharusnya diletakkan di ruang makan. Menguntungkan, bukan?

  1. Pilih Meja Bar

Apabila Anda sulit untuk menerapkan konsep seperti pada nomor dua karena masih keterbatasan ruang maka tidak perlu khawatir. Anda bisa menggantinya dengan menggunakan meja bar. Meja bar sendiri merupakan sebuah meja berukuran kecil yang biasanya dipasang menempel. Meja berukuran kecil ini cukup diletakkan dua kursi saja untuk menyempurnakannya.

Pemilihan meja tipe satu ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal sendirian di apartemen dan tidak membutuhkan meja dengan ukuran terlalu besar. Tidak berhenti sampai disitu saja, meja yang satu ini juga bisa berfungsi sebagai pembatas antara dapur dengan ruangan lainnya. Jadi meskipun apartemen Anda kecil tapi tetap terlihat rapi dan jauh dari kesan berantakan.

  1. Dekatkan dengan Jendela

Salah satu trik sederhana bagi mereka yang memiliki ruang kecil tapi ingin tetap terasa lega adalah memiliki jendela yang cukup. Dengan ventilasi udara yang terjaga dengan baik maka perasaan sumpek bisa dihilangkan. Hal yang sama juga bisa diterapkan ketika Anda membangun dapur kecil di apartemen Anda. Trik ini akan membuat dapur terlihat lebih lega dan nyaman.

Meskipun Anda memiliki apartemen kecil, jangan langsung mengurungkan niat untuk membuat dapur minimalis. Cara-cara yang telah disebutkan di atas bisa langsung Anda praktekan kok. Meski begitu, ada baiknya untuk menyerahkannya pada orang yang lebih profesional. Seperti menyewa desain interior yang tentunya lebih paham akan seluk beluknya.